SEKILAS INFO
: - Minggu, 16-12-2018
  • 3 bulan yang lalu / Informasi disampaikan kepada seluruh calon mahasiswa baru Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU), untuk dapat hadir pada Pra Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru ( PKKMB), yang akan dilaksanakan pada hari Senin 20 Agustus 2018 jam 17.00 WITA (5 sore) tempat kampus UTSU Aquino (lokasi SMA Aquino) jl. St Joseph. Untuk info perlengkapan yg harus dibawa...
  • 5 bulan yang lalu / Informasi penerimaan Mahasiswa Baru TA 2018/2019 silakan menghubungi Telp. 0821-9408-0221
Bekerjasama dengan AMSI Sulut, Pers Mahasiswa UTSU Gelar Pelatihan Jurnalis

MANADO, Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Teknologi Sulawesi Utara (LPM UTSU), bekerjasama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (ASMI) Cabang Sulawesi Utara, Kamis (08/11/2018), bertempat di Gedung Kampus UTSU Manado, menggelar pelatihan jurnalistik mahasiswa, dengan tema “Pers Berkualitas Mahasiswa Makin Cerdas”.

Kegiatan tersebut menghadirkan para jurnalis senior di kota ini sebagai pemateri, diantaranya Ketua AMSU Sulut Agustinus Hari, Ketua Mejelas Kode Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Yoseph Ikanubun dan koordinator liputan media online barta1.com, Ady Putong.

Pembina Badan Eksekutuf Mahasiswa UTSU sekaligus Pembina Lembaga Pers Mahasiswa UTSU, Deyidi Mokoginta, ST. M.Si (tengah) saat membuka kegiatan pelatihan jurnalis mahasiswa UTSU tahun 2018 (foto : detikmamado)
“Pelatihan jurnalis ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh LPM UTSU, disini para mahasiswa akan diberikan wawasan tentang jurnalis, mulai dari sejarah dan kode etik sampai dengan teknik menulis berita” jelas Pembina Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UTSU, Deyidi Mokoginta, ST. MSi, dalam sambutannya, saat membuka kegiatan tersebut mewakili rektor Ruano Senduk, SE. MM.

Sementara itu, ketua ASMI Sulut Agustinus Hari, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan pelatihan jurnalis yang diadakan olah mahasiswa, bahkan pria yang biasa disapa Suga ini, berharap kedepan akan ada lagi kegiatan serupa antara LPM UTSU dan AMSI Sulut, “Pelatihan jurnalis mahasiswa ini sudah direncanakan beberapa bulan yang lalu antara kami dan Sir Deyidi Mokoginta, saya pribadi menyambut baik kegiatan ini, saya juga berharap kedepan akan ada lagi kegiatan serupa, dan kami dari AMSI sangat terbuka untuk bekerjasama dengan mahasiswa” tutur Agust.

Adapun pada pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi tentang Jurnalis dan Sejarahnya, kode etik jurnalis yang diberikan oleh mantan ketua AJI Manado, Yoseph Ikanubun. Selain itu ada juga tentang media online dan sejarah ASMI, oleh Ketua AMSI Sulut, Agustinus Hati. Serta pada bagian akhir pelatihan, para peserta dibimbing oleh wartawan senior, Ady Putong, tentang bagaimana Teknik Menulis Berita.

Usai menerima materi teknik menulis berita, 25 peserta diberikan tugas menyusun berita tentang kegiatan tersebut selama 20 menit, sebagai penyemagat bagi peserta, pemateri yang juga wartawan senior Yoseph Ikanubun, memberikan hadiah buku karyanya yang berjudul ‘Jurnalis Melintasi Zaman’ kepada tulisan terbaik, yakni Nansy Pangaila, mahasiswi jurusan komunikasi pada kampus tersebut.

Kegiatan tersebut disponsori detikmanado.com, barta1.com, beritamanado.com dan TVRI Manado selaku media patner. (sumber : detikmanado.com)